Motivasi Indonesia

Motivasi Indonesia

Senin, Desember 23, 2013

Good Ethos - Bekerja Dengan Ikhlas



“Dalam keikhlasan ada suasana hati yang rela tanpa mengharapkan pamrih, kecuali hanya meyakini bahwa aku tunaikan tugas ini karena memang demikianlah amanah yang harus aku lakukan.”
~ Buku Good Ethos, Halaman 133.

Kata ikhlas bisa disejajarkan dengan sincere atau dalam bahas latin sincerus yang berarti ungkapan tentang apa yang keluar dari hati nuraninya yang terdalam. Ikhlas  adalah salah satu dari berbagai amal hati yang dapat menjadikan amalan seseorang sempurna. Karena Allah Tuhan YME hanya menginginkan hakekat amal atau keikhlasan amal, bukan rupa dan bentuknya.

Bekerja dengan ikhlas berarti melaksanakan pekerjaan dengan professional dengan motivasi utamanya melaksanakan amanah sebaik-baiknya. Bekerja dengan niat menghendaki keridhoan Allah Tuhan YME semata. Artinya dalam menjalankan pekerjaannya benar-benar dilakukan dengan ketulusan hati, penuh kecintaan hanya untuk mengharapkan ridho Allah Tuhan YME. Memandang pekerjaan sebagai panggilan mulia yang harus dituinaikan dengan sebaik-baiknya.

Apa ciri-ciri pribadi yang bekerja dengan Etos Ikhlas Penuh Kecintaan (Etos ke-4 dari tujuh Etos Kerja terbaik dan Mulia), diantaranya adalah:

  • Bekerja menjunjung tinggi moralitas bersih
  • Memiliki kejelasan makna dalam menjalankan pekerjaanya
  • Bekerja dengan khusyu’ atau professional
  • Menjiwai pekerjaannya atau bekerja sepenuh hati
  • Bekerja dilandasi niat beramal kebaikan
  • Dan lainnya

Bagaimana menumbuhkan Etos Ikhlas Penuh Kecintaan dalam bekerja ? Beberapa tips menumbuhkan keikhlasan dalam bekerja bisa dibaca dalam buku Good Ethos – 7 Etos Kerja Terbaik dan Mulia, diterbitkan PT Elex Media Komputindo.

*) Ingin mengundang Eko Jalu Santoso sebagai pembicara dalam inhouse seminar/pelatihan/training “Good Ethos – 7 Etos Kerja Profesional Mulia” di perusahaan Anda, silahkan kirimkan email ke: ekojalus@gmail.com dan motivasiindo@gmail.com

Tidak ada komentar: